Kegiatan

Pelatihan Mikrotik MTCNA & MTCRE Bersama ID-Networkers

SMK Muhammadiyah 2 Kuningan Meningkatkan Kualitas

Dwipinulur | Senin, 21 Maret 2016 - 09:32:27 WIB | dibaca: 858 pembaca

MikroTik sebuah perusahaan asal Latvia yang didirikan pada tahun 1996 untuk mengembangkan perangkat Router dan Wireless. Karena MikroTik memiliki pengalaman yang sangat baik pada industri PC hardware dan sistem routing sehingga MikroTik menciptakan software RouterOS yang menyediakan stabilitas, kontrol, dan fleksibilitas untuk semua jenis interface dari data dan routing. Pada tahun 2002, MikroTik menciptakan hardware dengan nama RouterBOARD yang memiliki fungsi routing dan wireless dan telah dijual ke seluruh dunia.

MikroTik Certified Network Associate (MTCNA) adalah sebuah program sertifikasi dari MikroTik untuk teknisi (Network Engineer) pada tingkatan entry-level. Sertifikasi ini membantu Network Engineer untuk memahami dasar-dasar networking dan meningkatkan atau memberi nilai tambah pada Network Engineer tersebut. MTCNA diperuntukkan bagi Network Specialist, Network Administrator, dan Network Support Engineer dengan pengalaman 1 - 3 tahun. MTCNA akan melakukan validasi bahwa seseorang telah memiliki kemampuan untuk instalasi, konfigurasi, operasioanal, dan pemecahan masalah pada jaringan ber-skala menengah (medium-size network).

Mikrotik Certified Routing Engineer atau disingkat dengan nama MTCRE merupakan sebuah sertifikasi yang diperuntukkan bagi orang-orang yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang fitur routing di Mikrotik. MTCRE diadakan dalam bentuk training selama lebih kurang 2 hari, kemudian disusul dengan ujian secara online diakhir pertemuan untuk memperoleh sertifikat langsung dari Latvia bagi mereka yang memperoleh nilai lebih dari 60%. Syarat untuk mengikuti MTCRE Training adalah peserta yang telah lulus ujian Mikrotik Certified Network Associate (MTCNA).

Penjelasan istilah istilah diatas sangat jelas, bahwa SMK Muhammadiyah 2 Kuningan bersama MGMP TKJ Jawa Barat terus meningkatkan kualitas guru-gurunya dan muridnya. ini terbukti dengan diadakannya pelatihan sekaligus sertifikasi yang dimulai hari ini tanggal 21 Maret sampai 25 Maret 2016, dan bersekala internasional oleh ID-Networkers. dengan tujuan SMK Muhammadiyah 2 Kuningan bisa membuka Mikrotik Academy di waktu dekat ini.

Peserta pelatihan dan sertifikasi MTCNA dan MTCRE tidak hanya SMK Muhammadiyah 2 Kuningan saja. Peserta lainnya berasal dari SMK Swadaya PUI Kuningan dan SMK Patriot Kuningan.