SMK MUDAKU Juara 1 Satuan Poljar Terbaik
Di Post Oleh: faisal Tanggal: 10/12/2018 Di Baca128 kali

Lintas Medan adalah bentuk pembelajaran perilaku kepemimpinan dan manajemen di alam terbuka dengan pendekatan yang unik dan sederhana, tetapi efektif karena pelatihan ini tidak sama dgn teori-teoru  melainkan langsung diterapkan pada elemen - elemen yang mendasar yang bersifat sehari - sehari, seperti saling percaya, saling memperhatikan serta sikap proaktif dan komunikatif.

Dimensi alam sebagai objek pendidikan bisa menjadi laboratorium sesungguhnya dan tampat bermain yang mengasyikkan dangan berbagai metodenya.

Tujuan kegiatan ini antara lain:

1. Mengetahui dan memahami adanya "Individual Differences" yaitu tiap individu adalah unik.

2. Mampu melakukan penilaian pada diri sendiri "Self Assessment" bahwa kekuatan diri ada

    pada tangan kita sendiri dan pada pilihan - pilihan kita.

3. Meningkatkan kepekaan "Self Awareness" terhadap orang lain.

4. Meningkatkan kepercayaan diri dan keberanian mengambil resiko "Risk Talking Behavior".

5. Meningkatkan keterampilan komunikasi.

6. Mampu membuat perencanaan dengan pertimbangan resiko dan konsekuensinya.

7. Mampu membentuk tim yang efektif/kekompakan.

8. Meningkatkan kemampuan kepemimpinan.

9. Menumbuhkan sikap ksatria dan sportif.

Sebagai pembimbing dari kegiatan tersebut Bu Silvi menyampaikan bahwa :

“ Lintas medan juga merupakan salah satu metode pembelajaran modern yg memanfaatkan keunggulan alam. Para peserta yang mengikuti outbound tadak hanya dihadapkan pada tantangan intelegensia, tetapi juga fisik dan mental. Hal ini akan terus terlatih menjadi sebuah pengalaman yang membekali dirinya dalam menghadapi tantangan yang lebih nyata dalam persaingan di kehidupan sosial masyarakat”.

Kegiatan ini juga bertujuan menumbuhkan dan menciptakan suasana saling mendorong, mendukung serta memotivasi dalam sebuah kelompok. Selain mengembangkan kemampuan apresiasi atau kreativitas dan penghargaan terhadap perbedaan dalam sebuah kelompok juga memberikan kontribusi memupuk jiwa kepemimpinan, kemandirian, keberanian, percaya diri, tanggung jawab dan empati yang merupakan nilai dasar yang harus dimiliki setiap orang. Pada kesempatan kali ini SMK Muhammadiyah mengirimkan perwakilan untuk mengikuti LOmba Lintas Medan.

Semangat dan antusiasme siswa/I membakar semangat memberikan sejarah baru bagi SMK Muhammadiyah 2 Kuningan, mendapatkan hasil yang sangat membanggakan menjadi Juara 1 dalam kegiatan Lintas Medan bukan hal mudah , setelah memalui berbagai pelatihan yang memakan waktu, siswa/siswi SMK Muhammadaiyah mengikuti perlombaan dengan bersemangat .

Di laksanakan di Polres Kuningan yang di wakili oleh Mochammad Rama Ramadhan (X KR1), Prasetyo Putra Utomo(X KR 1), Jajang Muhammad Zam'ani (X KR 3), Erli Astiyani (X KJ 3), Ani Herlina ( X Farmasi),Dea Ananda Safitri (X KJ 3), Irma Nurmayasari (X Farmasi) yang dibimbing langsung Bu Silvia Mega N, S.Pd yang merupaka Guru di SMK Muhammadiyah 2 Kuningan.

Dengan tema kegiatannya :

"GIGIH KARENA DILATIH, GAGAH KARENA DIASAH DAN BERANI KARENA MANDIRI". Lintas Medan (Polres Kuningan)

Top